Kehadiran Facebook dan MySpace ternyata bukan bersaing berdua saja, saat ini sudah banyak muncul berbagai website jejaring sosial yang menawarkan fitur yang tak jauh berbeda. Dan persaingan tersebut ternyata digandrungi oleh pengguna yang hampir sama. Hal inilah yang diterangkan oleh Geoff Cook, CEO dari myYearbook beberapa waktu lalu.

Beliau mengatakan bahwa kecenderungan pengguna adalah orang yang sama di antara website jejaring sosial tersebut adalah hal yang lumrah, karena memang seperti yang kita tahu tidak ada autentikasi khusus bagi mereka yang sudah menggunakan satu layanan saja, namun 1 orang dapat menjadi pengguna dari berbagai jenis website jejaring sosial ini. Hasilnya, saat ini pengguna myYearbook sendiri yang ada di Facebook adalah sekitar 60 persen dan pengguna myYearbook yang menggunakan MySpace juga adalah 90 persen. Angka yang cukup besar ini menandakan sebenarnya persaingan tersebut adalah hal yang sangat menguntungkan.

Untuk saat ini saja, perusahaan myYearbook telah meraup keuntungan 1 juta USD per bulan (atau sekitar 10 Miliyar rupiah). Sepertiga hasil keuntungan tersebut datangnya dari virtual gift, sedangkan dua pertiga-nya datang dari keuntungan iklan. Saat ini pengguna myYearbook sendiri sudah mencapai angka 20 juta pengguna dan setiap bulannya website tersebut telah dikunjungi 6 juta kali dari pengguna yang menggunakan IP berbeda. Total keuntungan website yang mulai hadir akhir tahun 2005 ini diperkirakan sudah mencapai 17 juta USD atau sekitar 170 miliyar rupiah. Wah, angka yang cukup fantastis bukan? Untuk suatu website dengan kepadatan pengunjung tersebut menghasilkan keuntungan yang lumayan besar, inilah yang saat ini terus diperjuangkan para pengembang website jejaring sosial. Kira-kira nantinya apakah akan bertambah pesat atau justru merosot nilainya dengan kehadiran teknologi baru lagi? Kita lihat saja nanti.

0 Comments:

Posting Komentar

Maaf semua komentar kami moderasi. Budayakan komentar yang santun demi kenyamanan semua pembaca yang berkunjung ke blog ini. Salam Blogger ;-)