Facebook tempat buat narsis, setuju gak? Apapun yang kita alami, apapun yang kita lakukan biasanya langsung ditulis di facebook. Istilah gaulnya Update Status. Ya iyalah, yang namanya status kan cuma kepunyaan pakdhe Facebook. Twitter punya istilah sendiri yaitu Tweet. Blogger punya istilah Posting, atau yang lain juga pasti punya istilah sendiri-sendiri.

Berbicara tentang update status, ternyata cara kita update status pun menjadi ajang narsis. Mungkin saat kita berselancar di facebook menggunakan PC, ataupun laptop hal ini tidak begitu diperhatikan. Tetapi ketika kita menggunakan Mobile, akan tampak jelas sekali melalui apa kita menulis status. Suatu misal, kita menggunakan BlackBerry untuk update status. Maka yang tampak pertama kali di diding teman-teman kita adalah icon BB. Begitu juga ketika menggunakan iPhone, akan tampak icon Apple. Bukankah ini termasuk narsis juga? Update status via BB tentu lebih Prestise daripada via web seluller. Meski si empunya tidak punya maksud pamer, kita yang kebetulan melihat kadang mikir juga. Neh pasti orang kaya, punya BB punya iPhone atau apalah yang mungkin terlintas di benak kita. Apalagi misalnya di status dia bilang ”Persiapan ke Singapura” via facebook for iPhone. Ke ”Singapura” nya itu belum tentu semua orang bisa pergi kesana. Dan via ”iPhone” itu juga belum tentu semua orang mampu membeli. Benar kan?
Tetapi sekarang, kita yang mempunyai gadget pas-pasan pun bisa narsis dalam hal update status. Kita bahkan bisa membuat aplikasi update status sendiri secara GRATIS. So, kita pun bisa menyamarkan pandangan orang. Kita bisa menampilkan icon BB saat update status meski sebenarnya kita tidak sedang menggunakan BB. Bahkan kita bisa membuat icon menggunakan foto kita sendiri saat upate status. Dan itu bisa kita lakukan via Wap (opera mini dll). Aplikasi buatan anak Indonesia ini beralamat di http://fb.trikgratis.com

Berikut cara membuat aplikasi update status melalui http://fb.trikgratis.com
  1. Masuk ke Facebook Developers
  2. Lalu isi nama aplikasi dan pilih I agree (saya setuju).
  3. Klik Create new application (Buat aplikasi baru).
  4. Upload logo dan icon aplikasi (Optional). Kamu bisa mengunggah foto kamu sendiri sebagai logo aplikasi kamu. Jika tidak ingin, lanjut ke langkah berikutnya.
  5. Catat dan simpan API Key (Kode API) dan Secret Key (Kode Rahasia) yang muncul.
  6. Setelah itu, klik Canvas di sebelah kiri.
  7. Pada Canvas Page URL isi URL yg ingin anda pakai (terserah). Aplikasi anda nantinya akan diakses melalui URL tsb.
  8. Pada Canvas Callback URL isi dengan format sbb:
Selamat aplikasi update status anda telah siap dipakai.

12 Comments:

  1. tx alot, sangat membantu :)

    BalasHapus
  2. gambar ilustrasinya dari blog aku ternyata.. hehehe :D

    BalasHapus
  3. terima kasih banyak, penjelasannya akurat...

    BalasHapus
  4. ko ga jalan boss.,kenapa ya

    BalasHapus
  5. @Anonim : Mungin ada kode yang salah mas. Kalau tidak, kemungkinan dari server http://fb.trikgratis.com yang belum bisa. Aplikasinya bisa jalan kalau udah di approve sama fb.trikgratis.com. Begitu kira-kira bos :)

    BalasHapus
  6. Aplikasi akan tetap jalan, tidak butuh diapprove langsung bisa dipakai saat itu juga. Kalau gagal coba cek api key dan secret key, serta callback urlnya apa sudah benar?
    Untuk lebih mudahnya bisa generate callback urlnya di http://fb.trikgratis.com/?canvas

    BalasHapus
  7. kNpa ya kok g bzaa di buka sichh...

    ???

    BalasHapus
  8. mas aku pingin punya blog bisa ajarin ga mas..oiya mksh infonya.fb ku jadi keren.

    BalasHapus
  9. klo sekarang tampilanya udah beda mas...!!!

    klo yang sekarang itu gimana caranya...!!!!

    BalasHapus
  10. Yg mau membuat blog dengan mudah dan gratisss.
    Mau update status FB tanpa ribet ,,??? klik UPDATE STATUS FB

    BalasHapus
  11. Pada metode render,FBML'nya kok gak bisa diklik enabled ya bos???Trims ^_^

    BalasHapus
  12. punyaQ tak bisa dibuka huuhhhh verenn09

    BalasHapus

Maaf semua komentar kami moderasi. Budayakan komentar yang santun demi kenyamanan semua pembaca yang berkunjung ke blog ini. Salam Blogger ;-)