"Kapan Dialog Cinta Allah Sahabat beda Agama Part III di upload?" Kira-kira begitu tulisan seorang kawan di wall facebook ku. Hm, berarti ada yang penasaran sama kelanjutan dialognya :) Oke, daripada ngelantur, langsung aja kita baca Part III dibawah ini. Selamat membaca...

Awan Lembayung Wrote:

Salam kasih Allah, Apa yang kita perbincangkan saat ini smoga bermanfaat bagi kita, walau (minimal) hanya sekedar untuk saling mengetahui dan memahami keimanan kita masing-masing. Allah Maha Mengetahui, smoga Dia memberkati dan memberi hidayah kita bersama. Kelamaan “liburan” aku ndak sempat main internet, dan kirim email padamu. Sebelumnya, maaf, Bila melati memang ingin menjadi anak Allah yang manja (telah ditebus dosanya tanpa bersusah payah) sebab Allah telah mengorbankan DiriNya sebagai ungkapan KasihNya yang tak terkira, silahkan.Kalau aku sih, ingin menjadi manusia yang siap menanggung dosa-dosaku sendiri baik yang disengaja maupun yang tak disengaja, kalau itu memang tak terampuni, sebagai konsekuensi kebebasan memilih yang telah Dia berikan dan atas implementasi kebijakan prilaku akal budi. Aku bukanlah manusia manja, aku ingin secara tulus dengan kerendahan hati, bekerja keras mengekang hawa nafsu dan beramal sholeh dalam mengharap Ampunan dan CintaNYA. Aku tak butuh sang penebus dosa. Apalagi mengharap Tuhan susah-susah turun ke bumi untuk tersiksa dan “ MATI ” kemudian bangkit lagi dalam mengorbankan DIRINYA hanya untuk menebus dosa manusia makhluk ciptaanNYA sendiri. Alangkah Sombongnya diriku, dan tidak berartinya aku sebagai makhluk yang kecil dan tak berdaya ini mengharapkan yang demikian itu.Memang, akhirnya apa yang diungkapkan Melati telah sampai kepada doktrin mengenai kepercayaan penebusan dosa oleh Yesus (Isa Almasih), yang sebenarnyakepercayaan ini adalah klimaks dari cerita-cerita, mitos-mitos pengorbanan dan kepahlawanan dalam agama nenek moyang. Mitos perlunya ada sesaji, korban hewan, korban manusia untuk menebus dosa dan kutukan ditutup dengan cukup manis dan keharuan yang mendalam, yaitu dikorbankannya TUHAN sendiri sebagai penghapus kutukan dan segala dosa manusia. Memang, peristiwa “disalibnya Yesus” mengandung misteri Ilahi yang menjadi kontroversi sepanjang jaman dan batu ujian akan keimanan kaum Nasrani. Islam menyakini yang disalib adalah YUDAS murid Yesus yang berkhianat yang diserupakan wajahnya seperti Yesus oleh Allah. Sedangkan Yesus sendiri diselamatkan Allah dan dinaikkan ke langit setelah menemui murid-muridnya dalam sebuah perjamuan, dan Yesus akan dibangkitkan kembali pada akhir jaman untuk menjelaskan kebenaran AGAMA ALLAH. Dalam perjamuan terakhir kepada murid-muridnya (Ekaristi) Yesus mengungkapkan pesan dia yang terakhir akan datangnya PARAKLET/PARAKLETOS. Lalu apa arti Paraklet sebenarnya dalam bahasa Yunani?
Ilmu Kritik Teks Injil telah membuktikan bahwa arti Paraklet adalah Seorang penolong yang lain dan sama seperti Yesus, yaitu seorang NABI, dan bukannya Roh Kudus yang tidak bisa bersuara dan berbicara, tidak bisa menunggang kuda putih yang membawa pedang kebenaran ditangannya, dan tidak seperti Musa. Selebihnya, tanpa mengurangi rasa hormatku kepada keimanan Melati yang katanya sudah kuat, aku ingin belajar akan ketidaktahuanku akan beberapa hal sbb:
  1. Bagaimana kita dapat mengerti dan memahami secara benar doktrin Allah Tritunggal yang membingungkanku, mungkin Melati sendiri dan banyak manusia yang lain. Apalagi doktrin ini yang menciptakan adalah manusia sendiri lewat voting konsili NICEA 325M, dan belum sempurna dan disempurnakan lewat konsili-konsili selanjutnya dan sempurna sesuai doktrin Tritunggal seperti pada saat ini baru di abad 15-an. Bisakah aku percaya terhadap TUHAN yang diciptakan sendiri oleh manusia?
  2. Bisakah aku tahu secara benar, kebenaran Injil yang telah terbukti bahwa penulis-penulisnya senyatanya bukan saksi-saksi hidup semasa Isa Almasih. Dan telah terbukti bahwa Injil yang empat (Matius, Markus, Yohanes/Yahya dan Lukas) adalah bukan Injil yang asli langsung dari tangan dan bahasanya Isa Almasih. Dan yang perlu diketahui bukankah disamping ke empat Injil tersebut masih banyak Injil-Injil versi lain yang sengaja dihapus, dan disembunyikan. Injil-Injil ini terkenal dengan nama Injil-Injil Apokrif (disembunyikan).
  3. Disamping tidak adanya Injil yang asli dan murni tanpa kesalahan tangan-tangan manusia, bisakah aku percaya kepada KITAB SUCI dari TUHAN yang disana-sini cacat,kontroversi, dan diragukan kebenaran-kebenarannya oleh ilmu-ilmu sejarah, antropologi, kritik teks kitab suci, dll. Padahal Tuhan adalah Maha Mengetahui dan tidak mungkin membuat kesalahan dalam menurunkan wahyuNYA.
  4. Sejarah telah membuktikan bahwa agama Kristen dan Katolik saat ini adalah “ajaran Yesus” versi PAULUS setelah jatuhnya Jerusalem pada tahun 70 M oleh imperium Romawi. Yang sebelumnya, di tahun 30 M – 70 M telah terjadi pergumulan keras dan saling mempengaruhi antara kelompok Yudea-Kristiani (kelompok sahabat-sahabat Yesus) dengan kelompok Paulus. Yang akhirnya Pauluslah yang menang karena didukung oleh kaisar Romawi (lihat peristiwa konsili NICEA 325). Dan yang perlu diketahui salah satu ajaran yang dibawa Paulus adalah cikal bakal doktrin TRINITAS yang ditentang oleh kaum Yudea-Kritiani yang pada waktu itu adalah mayoritas umat Kristiani hingga tahun 500-an M. Kaum Yudea-Kristiani dan mayoritas umat pada waktu itu sebelum tersingkir dan terkikis habis bersama kitab-kitab Injil versi mereka, meyakini bahwa Yesus bukanlah TUHAN. Yesus adalah 100% manusia dan hanyalah seorang nabi utusan Allah yang istimewa.Sedangkan ROH KUDUS pada tahun-tahun tersebut sama sekali belum dipikirkan perannya hingga konsili-konsili di abad ke 4.
Cukup ini dulu ya Melati, Sungguh merepotkan ya, Maafkan sekali lagi, dengan tulus dan rendah hati serta karena Allah semata aku “menyarankan” Melati untuk belajar mendalami agamamu sendiri dahulu, aku khawatir kamu sama sekali tidak mengetahui hal-hal tersebut di atas. Oya, memang, umat Katolik khan tidak sebebas umat Protestan dalam mempelajari Injil? Sayang ya. Apakah hal tersebut dilarang keras? Apakah hak belajar Injil hanya ada ditangan para pastur, pendeta, Romo dan Sri Paus, sedangkan umatnya tidak? Padahal Injil adalah landasan dasar kepercayaan agama. Kalau tidak diharuskan belajar secara tuntas hingga akar-akarnya kapan pribadi-pribadi umat dapat memahami ajaran Injil secara benar? Melati, ada pemeo yang cukup terkenal, yaitu bahwa orang yang belajar semakin mendalam akan ajaran Kristiani secara tulus dan pribadi (bukan atas nama Gereja) hingga ke akar-akarnya maka ia akan semakin ragu-ragu akan kebenaran ajaran Kristen itu sendiri. Contohnya amat besar dipelupuk mata kita, yaitu hampir sebagian besar orang Barat sudah acuh tak acuh dengan agama. Mereka memandang remeh tatkala diajak berbicara soal agama, apalagi bila dihubungkan dengan ilmu pengetahuan (sains) dan dunia. Hal itu lumrah, sebab, hati mereka telah disakiti oleh Gereja selama berabad-abad lamanya tatkala gereja berkuasa. Dan tatkala ilmu pengetahuan memenangkan perseteruannya dengan Gereja dan agama, akibatnya lihatlah prilaku dan moral mereka sekarang. Sekian dahulu, Allah slalu kasih padamu,
Aku kapanpun siap bertukar pikiran dan membantumu dalam bentuk apapun,
Awan Lembayung.

Jawaban Melati:

Salam sejahtera dalam kasih Tuhan Yesus Kristus, Thanks buat email panjang2mu he3.
Mas, sorry ya sebelumnya, saya sudah kenyang dengan semua doktrin2 dari pihakmu, bahkan jauh2 sebelum kamu kenal sama saya, saya sudah mengalami serangan2 model gini, dan justru itu membuat saya makin mengasihi Kristus Yesus. Semakin saya berpikir semakin Tuhan menunjukkan kuasaNya. Semakin saya mendalami saya semakin mengasihi Dia. Maaf ya mas. Tapi ok-lah kalau kamu katakan saya belum sekuat mereka (pendeta, pastur dsb) ga papa kok lha wong saya memang cuma manusia biasa, tapi bersama Tuhan, saya ingin terus berusaha memperoleh hikmat Tuhan dan belajar menjadi seperti mereka!! Semua orang yang percaya Tuhan Yesus (Kristen & Katolik), dengan pimpinan Roh Kudus harus tetap baca Injil bukan hanya pendeta/pastur/suster/dll. Saya harus katakan bahwa penolong itu adalah benar2 Roh Kudus. Kalau saya tidak percaya Roh Kudus yang diberikan Tuhan itu, sama halnya saya tidak percaya bahwa Roh Allah adalah Roh yang Kudus, yang artinya juga saya ga percaya bahwa Allah bisa bicara dan bisa bersuara padahal dulu, sekarang dan selama-lamanya Allah tetap SAMA. Wahyu 22:13 “Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir”
Kalau dulu Allah bisa bicara dengan Musa, Abraham dll, why not now? Hei, hati2 youngman, jangan remehkan kuasa Roh Allah. Dia bisa nyatakan kuasaNya dalam banyak hal yang bahkan TIDAK TERPIKIRKAN manusia!!
Yoh 14:16 – 17 “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu ROH KEBENARAN. Dunia TIDAK dapat menerima Dia sebab dunia TIDAK melihat Dia dan mengenal Dia.Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu” So kenali Allah lebih dulu maka kita pasti diberiNya hikmat untuk mengerti kebenaran kitab suci dan konsep penyelamatan yang dari Tuhan. Saya ndak melulu perlu Injil hanya untuk jadi kuat kok mas, tapi yang PALING SAYA PERLUKAN adalah TUHAN YESUS untuk jadi kuat!! Memang keselamatan yang kami peroleh TIDAK dengan SUSAH payah, tetapi MENJAGAnyalah yang harus terus menerus diusahakan!!! Pembelajaran Injil tidak hanya pakai OTAK, tapi iman, pengharapan dan kasih yang tulus dengan pertolongan Roh Kudus, dan itulah yang akan berakar kuat dalam hati. Kalau nggak demikian akan mudah “dibelokkan” oleh yang namanya iblis. Kalau saya dikatain anak Tuhan yang manja yang menikmati keselamatan Tuhan dengan tidak susah payah, oh Tuhan, I praise You, LORD!! TERPUJILAH NAMAMU YESUS!! Saya punya Allah yang benar2 MAHA BAIK, yang mau repot2 jadi penebus dan juru selamat. Saya sangat mengucap syukur Allah saya sangat mencintai dan menaruh belas kasih yang TERBESAR kepada manusia kecil, lemah dan tidak berdaya, yaitu makhluk ciptaanNya sendiri contohnya saya. Kalau sayanggak harapkan Tuhan trus sama siapa lagi? Bapak saya? Saudara2 saya? Atau teman2 dan mantan pacar saya yang bisa jamin saya masuk surga? Ataukah Dukun? Orang2 yang katanya pinter tapi sering kerja sama dengan roh2 yang bukan Roh Kudus? Ataukah Jin2botol yang sering dijual dikoran2? Satu2nya penolong CUMA DIA dan HANYA DIA!! Dan saya akui kelemahan dan ketidak berdayaan saya sehingga saya SANGAT butuh Dia!!! Ini kalau saya lho, saya tetap mengakui kok mas, baik dihadapan Tuhan dan manusia bahwa saya manusia yang lemah, saya ndak mau sok kuat dan sok berusaha mati2an untuk bisa selamat DENGAN MENGANDALKAN OTAK dan TENAGA sendiri, hey I AM NOT PERFECT!!! Apa yang harus saya usahakan adalah menjaga keselamatan itu. Tapi kalau kamu mau mati2an cari sendiri ya MONGGO deh. Dunia sudah bisa dikatakan kubangan lumpur hisap yang amat sangat berbahaya, saya kalau berusaha sendiri untuk selamat bisa jadi malahan akan semakin tenggelam, ataukah saya harus bertumpu pada manusia lain yang juga terjebak dalam lumpur hisap dan juga butuh pertolongan yang sama? Wah Tuhan marah dong sama saya. Tanpa Dia saya ga ada artinya, tanpa Dia saya ga bisa lakukan apapun!!! Justru karena kami tidak berani menyombongkan diri maka kami menyatakan dengan segala kerendahan hati dan jiwa, KAMI BUTUH ALLAH, SANG PENGHAPUS DOSA!!! Kamu menyatakan bahwa KAMU TAK BUTUH SANG PENEBUS DOSA, berarti kamu telah menyatakan BAHWA KAMU TIDAK BUTUH KASIH dan KEBAIKAN ALLAH!!! Karena ALLAH-lah YANG TELAH MENYEDIAKAN dan MEMBERI PENGAMPUNAN DOSA untuk MANUSIA!!! Berarti kamu SEMPURNA di hadapan Allah karena kamu menyatakan SANGGUP ngandalkan segenap KEKUATAN dan PIKIRANMU sendiri untuk masuk Surga!!! Ok-lah saya sudah tahu kok, balasan emailmu, …nanti pasti nggak bisa ditebak Kalau Tuhan memberikan “ANAK DOMBA KEKAL” yang murni, tidak bercacat, why do not we receive His GREATEST goodness? Hey, wake up young man!! Musa atas perintah Allah menyuruh umat Israel mengoleskan DARAH ANAK DOMBA TAK BERCACAT ke tiap pintu rumah umat Israel sebagai TANDA agar maut tidak menghampirinya. So tiap anak manusia sulung TANPA TANDA DARAH itu maka maut akan menguasainya!!! Itu kejadian sewaktu Allah menghukum Firaun. Abraham/Ibrahim pun mendapat kasih dan kebaikan Tuhan dengan menyediakan kambing sebagai pengganti Ishak (Ismail dlm versimu), sehingga Abraham menamai tempat itu: Allah menyediakan. So demikian pula Abraham, diapun menikmati kebaikan dan kasih Tuhan tuh. Itulah kenapa kami tidak lagi hidup seperti jaman purbakala yang harus memberi korban TIAP TAHUN sebagai penebus dosa, karena kami sudah diberi “domba yang benar2 kudus” sebagai penebus dosa untuk selama-lamanya!! Ingat ya mas, Roh Kuduspulalah yang jadi bayi dalam kandungan Maryam. Itu yang kalian yakini kan? Kenapa juga sih, Tuhan kok ya mau repot2 dan aneh2 kayak gitu sih, heran deh. Mbok ya sudah Tuhan pilih manusia biasa aja kenapa sih? Mbok ya yang sama aja seperti Nabi Musa, Nabi Muhammad, dll. Ngapain pula Tuhan pakai tiup Roh Suci jadi manusia dalam rahim perawan Maryam? Tuhan Allah semesta, kemuliaan, kebaikan, dan kekuasaanMu memang benar2 membuat saya heran dan kehabisan akal untuk memikirkannya!! Kalau memang yang kamu percayai bahwa Yesus diganti Yudas, oh Puji Tuhan!!! Berarti Injil mengatakan hal yang BENAR!!! Bahwa kematian dan kebangkitan Kristus memangdibuat jadi DUSTA!! (Matius 28:11-15). Maka dustalah juga janji Allah tentang“keselamatan” yang telah dinubuatkan oleh PARA NABI sebelum Yesus!!! Dusta pulalah semua yang dikatakan Yesus tentang diriNya!!! “Tidak mungkin tidak akan ada penyesatan, tetapi CELAKALAH orang yang mengadakannya! (Matius 18:7 dan Lukas 17:1)”. Kalau saya katakan Yesus dan perkataan serta karyaNya adalah sesat, maka sesat pulalah DIA yang lahir dari Roh Suci yaitu Roh Allah yang satu2nya Roh Benar!!
Tentang Yudas, tentang Paulus, tentang pihak Gereja yang nyakiti orang2 bule, saya katakan itulah DUNIA, mas. Masalah orang2 bule, saya beritahu ya mas, yang ketok mata itu, yaitu yang sering disorot adalah orang2 bule yang buruk karena kurang mau mengenal kuasa dan kasih Allah. Masih banyak sekali kok orang2 bule yang beriman kuat pada Kristus dan kebenaranNya. Dan SAYANG SEKALI TV2 atau media UMUM Indonesia TIDAK BERANI menayangkannya!! Takutkah? Well, saya lebih mempercayai bahwa Yesus saya ndak kurang kuasa untuk bisa menyatakan kemuliaanNya. Masalah pemeo itu, saya katakan I DON’T CARE AT ALL young man!!! Tapi heran juga deh saya sama Tuhan tuh, kok saya makin cinta Dia dan makin yakin ya justru setelah banyak baca memperdalam Injil, padahal dulu saya ga banyak baca Injil. hehehe Kamu mengatakan Injil cacat, ok-lah terserah apa katamu, tapi kalaupun toh demikian, kebenaran dan karya Yesus, tetap BENAR2 NYATA SAMPAI SEKARANG dan SELAMA-LAMANYA!!! Kasihan ya kamu yang nggak ngalami kuasa Roh Kudus Tuhan. Atau… mungkinkah kamu nganggap (salah satu aja deh) karya2 Yesus contohnya kesembuhan dalam namaNya, itu adalah karyane iblis? Be careful young man!! Saya ga pernah tuh nganggep penyaliban Yesus sebagai misteri ilahi atau kontroversi apalagi istilah Trinitas, itu kan kamu sendiri to yang bingung? Oleh karena kasih setia Tuhan, saya bisa mengerti dengan iman dan hati saya, dan bukan hanya dengan otak saya saja. Oh ya, Yesus bukan mitos lho, kebaikan Tuhan pun juga bukan mitos. Tuhan ingin manusia bahagia, selamat kembali ke Surga dan layak. Tuhan baiiiiikkk banget deh. Eh, tapi kamu kan suka mikir dan suka ngandalkan kekuatanmu sendiri, ya sudah to, saya biarin aja kamu nyari sendiri makna Trinitas itu dan merasakan kuasa Tuhan… saya ga akan jelaske, percuma, so cari dewe ya… Well, jadi tambah panjang lagi deh, tapi saya tetap terus memintakan berkat Tuhan untuk kamu supaya Dia menyatakan kebenaranNya untukmu. Amin. Ok teman? Selamat berjuang mencari kebenaran ya!!!
Tuhan Yesus memberkati, Amin
Melati

Bersambung Ke Part IV....


2 Comments:

Maaf semua komentar kami moderasi. Budayakan komentar yang santun demi kenyamanan semua pembaca yang berkunjung ke blog ini. Salam Blogger ;-)