Sering menerima dan melakukan panggilan dengan Ponsel tanpa memakai speaker atau hands free? Tahukah Anda bahwa ternyata kebiasaan tersebut membawa pengaruh buruk bagi siku.
Lebih luas lagi, pengaruh ini bisa merembet ke jari-jari dan tangan. Berdasarkan laporan kesehatan yang dikutip dari Cnet, seperti dilansir ligaponsel.com, sejumlah dokter telah mengidentifikasikan sebuah kondisi yang dinamakan cell phone elbow atau cubital tunnel syndrome akibat kebiasaan jelek tersebut.

Kondisi ini dialami oleh siku akibat pemampatan syaraf yang terjadi karena siku dilipat dalam sudut yang tak wajar. Akibatnya, siku terasa sakit. Sindrom ini kemudian berlanjut ke rasa nyeri kronik ataupun periodik. Bukan hanya itu, nyeri ini akan mengakibatkan jari-jari Anda terasa gatal dan seperti tertusuk. Bahkan, seseorang bisa kehilangan kekuatan dan kontrol tangannya.
Dalam beberapa kasus dibutuhkan operasi untuk ini, ujar salah seorang dokter. Namun Anda jangan terlalu cemas juga.
Cara termudah untuk menghindarinya yakni dengan memakai perangkat hands freeuntuk panggilan dalam waktu yang cukup lama atau lebih dari 10 menit. Tetapi jika Ponsel tidak disertai perangkat hands free, disarankan untuk berpindah tangan setiap beberapa menit sekali. - dtc

0 Comments:

Posting Komentar

Maaf semua komentar kami moderasi. Budayakan komentar yang santun demi kenyamanan semua pembaca yang berkunjung ke blog ini. Salam Blogger ;-)