Blogger telah menjadi pelarian saya. Saya sebut pelarian karena saya punya obsesi terpendam yang tidak tercapai yakni menjadi seorang penulis yang hanya modal madul, plus modal dengkul. Mungkin karena saya gak ngerti EYD (bukan Ejaan Yang Diplesetkan Lho) sehingga saya tak pernah bisa memulai untuk menjadi seorang penulis BENERAN. Alasan kenapa saya memilih Blogger sebagai pelampiasan tidak lain karena tulisan saya tetap terpublikasi meskipun tulisan saya tidak ada bagu-bagusnya sama sekali. Tentu saja di blogger saya sendiri yang menjadi penulis, editor juga penerbitnya. Sehingga tulisan-tulisan saya tetap eksis di jagad yang sungguh luar biasa ini :-)

Meskipun blogger serba ngawur dan gak pinter, boleh dong saya kasih masukan buat anda para blogger yang pinter-pinter? Beberapa kali saya blog walking, (tepatnya bisa dibilang berkali-kali) membuat saya harus menulis posting ini. Ada yang salah? Tentu saja tidak.

Saya seringkali membaca posting sebelum akhirnya memberikan komentar. Yah meskipun komentar saya mungkin tidak berbobot sama sekali. Dan bermacam-macam posting dari blog yang berbeda mempunyai keunikan tersendiri. Ada yang lucu, serius, boongan doang, dan ada yang posting intelektual. Entahlah apa istilahnya, yang jelas jenis yang saya sebut terakhir biasanya ditulis para blogger yang pinter :D

Tetapi justru karena membaca posting di blognya para blogger pinter tersebut saya malah jadi males baca, dan ujung-ujungnya membuat posting ini. Apa sebab? Kebanyakan, postingan para blogger pinter tersebut Puanjangnya minta ampun. Sampai gak dikasih ampun. Lagi-lagi nanya, emang salah? Gak salah sih cuma ada beberapa hal yang mungkin dilupakan para blogger pinter tersebut.

Perlu diketahui, dan saya yakin anda juga sudah tahu bahwa pembaca online tidak sama dengan pembaca offline. Yang saya maksudkan pembaca Online adalah para pembaca di layar Monitor. Dan pembaca Offline adalah pembaca Koran. Ketika membaca tulisan-tulisan di sebuah blog/ website saya yakin waktu anda tidak terlalu banyak. Okelah banyak, tetapi pasti di layar monitor anda membuka beberapa situs. Mungkin saat membaca, anda menyela dengan membuka facebook, chatting, email dan sebagainya. So, kalau tulisan di blog panjang banget, orang sudah males baca duluan.

Hal ini berbeda dengan pembaca Offline. Saat membaca koran atau buku, pasti waktunya longgar. Mungkin sambil ngopi, atau menikmati cemilan. Sehingga meskipun bacaannya banyak tetap bisa konsentrasi.

Maka dari itu, agar postingan anda dibaca pengunjung blog anda, buatlah posting yang ideal. Menurut saya idealnya sekitar 400 sampai 500 kata . Jika artikel anda memang panjang, lebih baik dibagi menjadi beberapa bagian. Sehingga pembaca yang tertarik bisa melanjutkan ke link berikutnya. Kalo puuaanjang banget, mending di buat saja agar orang bisa download file tersebut. Dan cukup menulis isi ringkasnya saja. Lebih efektif kan?

Gambar Ilustrasi : http://mellyana.blogspot.com

1 Comments:

  1. hehehe.... kunjungan lanjutan bro..
    menurut ane nih...
    tergantung konsepnyah atw versinyah bro,misal : blog cerita :D ,blog warta :P,blog apa lg yahh??????
    (bingung ane) xixixiixiixi

    btw,kunjung kesini yah bro: http://myvipdb-belajarbisnisonline.blogspot.com

    BalasHapus

Maaf semua komentar kami moderasi. Budayakan komentar yang santun demi kenyamanan semua pembaca yang berkunjung ke blog ini. Salam Blogger ;-)