Tanggal 19 Mei 2010 Kabupaten Wonogiri berusia 269 Tahun. Dalam peringatan tahun ini, seperti tahun-tahun sebelumnya diadakan banyak kegiatan. Mulai dari minggu pertama bulan Mei 2010 diadakan berbagai macam perlombaaan. Ada perebutan kejuaraan Lari 10 Kilo meter untuk umum. Yang dimeriahkan dengan jalan sehat, juga pentas seni. Selain itu juga diadakan kejuaraan bola voli antar instansi dan dinas dari seluruh kabupaten Wonogiri.

Dalam serangkaian kegiatan peringatan hari jadi kabupaten wonogiri ini juga diadakan gelar potensi, pameran produk unggulan daerah kabupaten wonogiri. Bertempat di lantai 3 Komplek Pasar Wongiri. Dan berlangsung selama 5 (lima) hari yaitu tanggal 21 Mei sampai dengan tanggal 25 Mei 2010.

Dalam pameran produk unggulan daerah ini diikuti oleh seluruh kecamatan yang ada di kabupaten wonogiri. Semua kecamatan memamerkan produk unggulannya masing-masing. Misalnya Purwantoro yang terkenal dengan Reog nya memamerkan ratusan kreasi dan pernak-pernik yang berkaitan dengan reog. Pameran ini juga mengikutsertakan dinas dan badan di wilayah kabupaten wonogiri. Beberapa diantaranya Badan Narkotika, Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Pengairan ESDM, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk menarik pengunjung, pemerintah kabupaten mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis setiap hari selama pameran berlangsung. Juga menampilkan pertunjukan seni setiap harinya, dari pagi sampai malam. Band lokal, berbagai macam tarian, bahkan pantomim.

Dan yang tidak kalah menarik, Hari sabtu tanggal 22 Mei 2010 diadakan WCC (Wonogiri Culture Carnival). Dimana kegiatan ini adalah bertujuan untuk melestarikan kabudayaan yang ada di wonogiri. Kegiatan ini dimulai dari Stadion Pringgondani Wonokarto Wonogiri dan berakhir di Lapangan Sukorejo Giritirto Wonogiri. Berbagai macam kesenian dipertontonkan, mulai dari pertunjukan wayang orang, reog, tarian, dan aneka kesenian lainnya dengan berbagai macam tema. Hm, upaya untuk melestarikan budaya ini sepantasnya kita dukung :)

Oh ya, foto diatas adalah dokumentasi Dinas PESDM Kab. Wonogiri sebelum berangkat karnaval... Dengan tema "Gatutkaca boyong Punokawan Among Tani"


3 Comments:

  1. selamat ulang tahun buat kab. Wonogiri, semoga makin maju n sukses!

    BalasHapus
  2. lestarikan terus kebudayaan Indonesia!

    BalasHapus
  3. Well..sebenarnya kalau ada acara pameran kebudayaan kayak gini, saya kepingin nonton. Tapi melihat fotonya kok rasanya panas ya? :-)

    BalasHapus

Maaf semua komentar kami moderasi. Budayakan komentar yang santun demi kenyamanan semua pembaca yang berkunjung ke blog ini. Salam Blogger ;-)