Ada 3 jenis manusia jika dilihat dari caranya menyikapi suatu peristiwa yang terjadi dalam hidup ini. Begitulah kira-kira yang disampaikan Ustadz Abu Fatiah saat mengawali kajian rutin kamis malam di Masjid Solihin. Apa saja itu?

Yang pertama, dia disebut ekstrim kiri. Yaitu mereka yang selalu menghubungkan sesuatu (membaca suatu kejadian) dari segi klenik. Pada umumnya mereka adalah orang yang (maaf) latar pendidikannya rendah. Salah satu contoh sederhana; misalnya saat ada pembangunan jembatan tidak melakukan sesajen maka ketika ada korban dalam prosesnya, mereka langsung menyimpulkan penyebabnya karena hal tersebut.

Akan tetapi uniknya, sekarang ini tidak hanya yang latar pendidikannya rendah yang menghubungkan sesuatu dengan klenik tetapi justru mereka yang pendidikannya tinggi-tinggi juga percaya hal beginian karena lemahnya akidah!

Golongan yang kedua adalah Ekstrim kanan. Apa itu? Mereka inilah orang-orang yang (sok) ilmiah. Semua kejadian akan dilihat dari sudut pandang ilmiah dengan mengesampingkan peran Allah yang pencipta. Mereka yang ekstim kanan ini akan mengomentari semua kejadian dengan sebab akibat yang bisa dinalar. Padahal banyak kejadian di dunia ini yang tidak bisa di nalar. Sebut saja gempa di Palu, ada masjid yang tidak rusak padahal kanan kirinya hancur. Orang yang paling "parah" pada ekstrim kanan ini adalah Atheis. 

Golongan ketiga adalah golongan yang tengah-tengah. Dia menilai kejadian secara Spiritual tanpa meninggalkan sebab-sebab ilmiah. Inilah seharusnya seorang mukmin bersikap. Spiritualnya benar, mereka percaya semua kejadian atas kehendak Allah sang pencipta, tetapi mereka juga membaca sebab-akibat dari kejadian tersebut. Suatu misal terjadi banjir, orang-orang mukmin percaya Allah yang menghendaki, tetapi mereka juga mengambil sikap secara ilmiah, mempelajari sebab-akibatnya. Akan tetapi tidak lupa ber-muhasabah, mawas diri, berfikir mengapa Allah turunkan bencana, apakah ini ujian atau bagian dari azab. 

Dari ketiga golongan diatas, Anda termasuk yang mana? Cukup anda jawab dalam hati saja :-)

-------------
Sebenarnya tulisan ini belum selesai, karena inti sari dari kajian belum saya sampaikan. Semoga lain waktu bisa dilanjutkan......

0 Comments:

Posting Komentar

Maaf semua komentar kami moderasi. Budayakan komentar yang santun demi kenyamanan semua pembaca yang berkunjung ke blog ini. Salam Blogger ;-)