Hari pertama puasa jatuh hari ini Rabu 11 Agustus 2010. Meski kemarin semangat '45 buat meyambut bulan suci ini, pagi tadi rasa malas tetap menyelimuti saat bangun tidur untuk sahur. Puasa kali ini bertepatan dengan bulan ulang tahun kemerdekaan negara kita. Dan entahlah ini tepat yang ke berapa, ramadhan di bulan agustus. Tetapi yang pasti tahun kemerdekaan Indonesia waktu itu juga bertepatan dengan bulan ramadhan. So, kali ini terulang lagi :-)


Sehabis sholat shubuh, ingin lagi rasanya tidur lagi. Mungkin karena semalam keasyikan online di facebook sehingga pagi ini bawaannya ngantuk terus. Tetapi begitu pagi ini buka facebook dan melihat posting seorang teman tentang blognya, saya jadi kepingin buka laptop dan nulis di blogger :-) dan mengurungkan niat saya untuk tidur lagi.

Okelah, daripada tidur malah bikin loyo stamina, mendingan berbagi info seputar puasa. Siapa tahu bermanfaat untuk teman-teman semua.

Mungkin, banyak orang beranggapan sahur yang banyak akan membuat stamina lebih kuat. Dan bisa mencegah lapar di siang hari ketika puasa. Dulu saya juga beranggapan demikian. Tetapi tenyata anggapan itu salah. Ketika makan sahur yang terpenting adalah makanan yang mengandung karbohidrat. Tetapi yang lebih bagus adalah karbohidrat yang tidak mengandung kadar gula tinggi. Karena karbohidrat dengan kadar gula rendah akan lebih lama menyimpan energi.

Selain mengkonsumsi karbohidrat, saat sahur juga dianjurkan mengkonsumsi sayur dan buah. Buah-buahan yang dikonsumsi saat sahur berguna untuk menyuplai antioksidan yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, serta membantu detoksifikasi seluler.

Perlu diperhatikan juga saat sahur sebaiknya mebgurangi makanan berlemak (gorengan). Padahal saya sendiri paling gak bisa lho menghindari gorengan, hehehe... Karena efeknya kita akan cepat ngantuk, juga haus.

Berbeda dengan saat berbuka puasa, saat sahur kita justru harus menghindari makanan dan minuman yang manis-manis. Karena makanan dan minuman yang manis ini hanya bisa bertahan 2 jam saja, padahal kita kan mesti bertahan sekitar 14 jam saat puasa. Yang dianjurkan adalah minum air putih secukupnya. Agar kebutuhan tubuh akan cairan bisa terpenuhi. Buat yang hobi ngopi seperti saya :-) sebaiknya dihindari, karena kopi justru mempunyai sifat menyerap cairan yang ada di tubuh kita.

Dan tips yang terakhir, makanlah secara wajar. Jangan punya anggapan makan banyak dan minum banyak akan memberi tenaga yang lebih untuk tubuh kita selama puasa. Terlalu banyak makan dan minum justru akan membuat tubuh kita cepat lemas, karena organ pencernaan akan bekerja lebih berat jika kita makan dalam jumlah yang besar. Sehingga tubuh kita justru akan lemah dan ngantuk. Nah, semoga tips ini bermanfaat...

Catatan : Referensi DetikHealth
Gambar Ilustrasi : Googling :-)

2 Comments:

  1. makasih banyak tipsnya.
    mohon maaf lahir dan batin, selamat menunaikan ibadah shaum ramadhan 1431 H.

    BalasHapus
  2. tips yang sangat bermanfaat, semoga bisa melaksanakannya agar puasa berjalan lancar.
    makasih.
    mohon maaf lahir dan batin, selamat berpuasa.

    BalasHapus

Maaf semua komentar kami moderasi. Budayakan komentar yang santun demi kenyamanan semua pembaca yang berkunjung ke blog ini. Salam Blogger ;-)