Bagi anda yang masih pemula, mungkin kebingungan bagaimana cara deposit modal maupun withdraw (mencairkan) uang hasil trading forex, khususnya marketiva. Secara sederhana urutan cara deposit dan menarik keuntungan adalah di bawah ini.

Pertama kita akan bahas dulu cara deposit modal untuk trading khusunya forex, langkahnya sebagai berikut :

  1. Kita ke Bank Lokal (BRI, BNI, BCA, dll). Transfer sejumlah uang ke Money Changer (Penukaran Rupiah dg dollar)
  2. Money Changer yang telah kita kirimi uang akan mengganti dengan USD, dan di transfer ke Rekening Online kita.
  3. Dari Rekening Online tersebut kita transfer ke Broker, dan kita gunakan untuk Trading

Selanjutnya proses untuk mencairkan uang kita hasil trading dapat kita gambarkan sebagai berikut :

  1. Uang yang ada di broker Broker, kita transfer ke Rekening Online
  2. Dari Rekening Online kita tukar ke Money Changer
  3. Money Changer akan mengirim Rupiah ke rekening Bank Lokal yang kita miliki.

Dari ketiga langkah di atas, kita tahu bahwa kita memerlukan beberapa Akun (Rekening) Uang. Mungkin anda bertanya, kenapa tidak langsung aja dari broker suruh transfer ke rekening Bank lokal? Ya, hal itu bisa, tetapi memakan waktu sekitar 2 mingguan, dan memerlukan biaya yang lumayan banyak. Sayang kan dipotong banyak uangnya, rela dipotong banyak? Ntar Gaallaauu, hehehe...

Kecepatan dan keamanan transfer dengan 3 langkah di atas, tidak perlu diragukan. Hanya beberapa menit, uang akan sampai. Yang perlu anda diperhatikan adalah mencari MONEY CHANGER yang benar-benar LEGAL. Coba anda bayangkan, anda transfer 100 Juta rupiah, lalu uang anda dibawa kabur oleh Money Changer ILEGAL, saya yakin anda akan Shock.

Berbicara tentang legal tersebut, alhamdulillah saya menggunakan Broker dan Money Changer yang benar-benar tepat. Transaksi cepat dan yang pasti aman. Sekedar sharing, berikut langkah yang saya lakukan untuk deposit dan Withdraw di Broker Marketiva.

  1. Rekening Bank, saya yakin anda punya. Biasanya saya pakai CIMB Niaga
  2. Buka akun di TUKAR DUID.COM sebagai Money Changer
  3. Buka akun di LIBERTY RESERVE sebagai Rekening Online
  4. Broker yang saya Gunakan untuk Trading andalah Marketiva
  5. Transaksi, dan selesai :)

Berikut beberapa keunggulan LibertyReserve:
  1. Biaya minimum adalah 1% dari jumlah transfer,
  2. Proses Instant (langsung masuk saat itu juga),
  3. Sudah banyak exchanger LibertyReserve di Indonesia sehingga sangat mudah untuk proses jual belinya, serta keamanan pasti terjamin. Diantaranyayang telah saya sebutkan di atas yaitu TUKARDUID.COM
  4. Bandingkan dengan Wire Transfer (transfer antar rekening bank) yang prosesnya membutuhkan 2-7 hari kerja dan biaya yang mahal sekitar 14 USD sampai 40 USD!
Perlu diketahui, setelah anda Transfer Modal, USD akan masuk ke DEFAULT DESK, jika ingin menggunakannya untuk trading anda pindahkan ke LIVE FOREX DESK. Proses ini tidak memakan waktu satu menit. Oh ya, ini khusus di Marketiva lho ya, Broker lain saya gak tau :p

Perlu diketahui lagi, hehee... Penarikan/ pencairan untuk PERTAMA KALI (sekali seumur hidup) di Marketiva dikenakan biaya $7 USD. Jadi jangan kaget ya, cuma sekali doang.

Untuk Anda yang baru belajar forex dan masih pemula, setelah memahami fungsi fungsi tombol Marketiva dan telah sedikit lancar belajar valas dengan uang virtual, saya sarankan segera melakukan deposit dan belajar forex dengan uang sungguhan. Karena ada perbedaan antara belajar valas menggunakan uang virtual dengan belajar forex menggunakan uang yang sesungguhnya, terutama di mental (emosi). Anda bisa rasakan sendiri perbedaannya pada saat mencoba bertransaksi dengan uang sunggguhan. Selamat mencoba :)

NB: jika anda kesulitan dapat hubungi saya di Yahoo! Messenger add aja "arisbudi10" tanpa petik

12 Comments:

  1. mkasih.
    add fb dafi.azka@gmail.com

    BalasHapus
  2. @Robot Forex: Deposit Marketiva? Berapapun bisa boss,,,

    BalasHapus
  3. wah pengen trading tapi susah..trus haram pa halalnya..

    BalasHapus
  4. gan..
    minimum deposit berapa gan?

    BalasHapus
  5. Tak ada minimum deposit brow,,, Saya dulu pertama kali deposit $300 (sekitar 300 ribuan) karena waktu itu masih belajar :)

    BalasHapus
  6. gan, ane dah punya tuh semua accountnya.
    tapi bgmn cara deposite ke LR dari tukarduid, cause ane liat dimenu transaksi itu ada:
    - beli LR dan jual LR
    nah kalo mau deposte pakai yg mn gan?

    thanks

    BalasHapus
  7. tukar duid udah badan hukum berupa cv, jadi lebih terpercaya nampaknya... medangold jg cakep tuh, cv juga rekeningnya.

    BalasHapus
  8. terlalu singkat saya gg masih kurang paham. trus tukarduit.com sangat meragukan !!!!! blz di gunwap@yahoo.com

    BalasHapus
  9. libertyreserve nya dah di gerebek pokis brur.. akakaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul,, sekarang LR sudah TUTUP... :d

      Hapus

Maaf semua komentar kami moderasi. Budayakan komentar yang santun demi kenyamanan semua pembaca yang berkunjung ke blog ini. Salam Blogger ;-)