Tidak mau kalah dengan penggemar internet, para eksekutif dunia juga ikut-ikutan menggelar jejaring sosial. Dalam World Economic Forum, di Davos kemarin Media Sosial seperti situs jejaring sosial menjadi salah satu topik yang banyak dibahas dalam konferensi tahun ini. Organisasi ini memperkenalkan versi beta dari situs jejaring sosial para eksekutif dunia. Mereka menyebutnya WELCOM, sebuah jejaring sosial yang khusus menyediakan tempat bagi partisipan ternama dari World Economic Forum seperti Mark Zuckerberg, Vladimir Putin, dan Kofi Annan.
Situs ini bergaya seperti Facebook. Pengembang bersama Adobe System, BT Innovative dan Microsoft akan menjadi tempat bertukar ide yang cukup bagus antara orang-orang terhebat dunia, tentunya apabila para pemimpin dunia bersedia meluangkan waktunya untuk gabung dan memberikan kontribusi, membuat profil disitus WELCOM tersebut, seperti yang kita lakukan di Facebook pada umumnya.
Tampak sekilas, WELCOM tidak menyediakan fitur yang baru, karena mereka banyak menggunakan fitur yang ber-kiblat pada Facebook dan LinkedIn, akan tetapi tidak berkomunikasi secara langsung dengan jaringan tersebut.
WELCOM memungkinkan para pemimpin dunia untuk menghadiri pertemuan virtual dengan teknologi video, berbagi dokumen dan mendiskusikan berbagai topik secara langsung. Para anggota juga dapat membuat ruang khusus dan mengundang para pakar untuk berpartisipasi jika dibutuhkan. WELCOM juga dapat menerbitkan hasil karya seseorang dan berita melalui halaman publik untuk meminta tanggapan dari pengguna lain.
Kedatangan aplikasi ini sebenarnya tidak mengejutkan, mengingat World Economic Forum telah mulai memasuki dunia jejaring sosial tahun ini. Forum ini telah memiliki halaman MySpace dan Facebook yang aktif dan sebuah akun Twitter. Forum ini juga menggunakan Flickr untuk posting sejumlah foto dan memiliki dua kanal YouTube dan Davos Debates channel.
Pada konferensi yang lain, seperti PCForum menggunakan cara yang sedikit berbeda, mereka menggunakan situs jejaring yang sudah ada seperti LinkedIn dan membuat grup dan forum khusus untuk pengunjung, sehingga para penggunanya tidak perlu membuat profil yang baru dan memakan waktu.

0 Comments:

Posting Komentar

Maaf semua komentar kami moderasi. Budayakan komentar yang santun demi kenyamanan semua pembaca yang berkunjung ke blog ini. Salam Blogger ;-)