Berbicara tentang mantan Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati seakan tak ada habisnya. Banyak yang sedih dengan mundurnya beliau dari Menteri Keuangan. Tetapi tak sedikit pula yang gembira dengan kepergiannya. Dan keberangkatan Sri Mulyani Indrawati ke Washington DC dikabarkan hari Rabu 26 Mei 2010.


Setelah serah terima Jabatan dengan Menteri Keuangan yang baru yakni Agus Martowardoyo bukan berarti Sri Mulyani bebas dari kesibukan. Beliau menghadiri puluhan acara perpisahan dengan koleganya.

Saya adalah salah satu orang yang mengagumi beliau. Kesetiaannya pada Negara ini menurut saya tak perlu diragukan. Bahkan ketika Ibu kandungnya menghadapi detik-detik terakhir hidupnya, beliau tak menemaninya bahkan menjenguknya pun tak sempat karena lebih mementingkan Negara yang waktu itu dilanda krisis (Sumber Kompas.com). Dan saat ini beribu rasa kagumku, adalah ketika beliau berkata sambil menangis selepas serah terima jabatan "Karena bukan menteri keuangan saya sekarang boleh menangis. Kepada Pak Agus jangan menangis nanti rupiah terguncang," katanya.(Sumber; Tempointrektif.com). Betapa selama ini sebenarnya beliau memendam luka yang begitu dalam. Dilecehkan disana-sini. Dihujat setiap hari, jam, menit bahkan detik. Dan berujung beliau memilih mengundurkan diri dari Jabatannya karena merasa tidak dibutuhkan di kabinet. Tetapi seperti yang kita lihat beliau selalu tersenyum di setiap kesempatan, teteap bekerja dengan profesional. Dan saat perpisahan beliau berkata "Karena bukan menteri keuangan saya sekarang boleh menangis". Benar-benar sosok yang sangat disayangkan harus dihujat setiap saat karena kebijakan, yang mungkin ketika orang lain melakukannya juga sama yang beliau lakukan.

Beliau juga masih sempat memberikan jawaban-jawaban atas pertanyaan yang diajukan masyarakat melalui "YAHOO ANSWER". Ada satu pertanyaan yang mungkin mewakili rasa penasaran saya bahkan mungkin juga masyarakat Indonesia. Saat ditanya berapa IQ Sri Mulyani. Dia menjawab 157 (setelah lulus SMA dan mau masuk ke Universitas) sekitar tahun 1981.Tergolong tinggi. Pelukis Rembrandt van Rijn dari Belanda IQ-nya 155, pendiri Microsoft Bill Gates 160, fisikawan Albert Einstein 160).

Sri Mulyani juga merupakan salah satu tokoh yang mencetuskan reformasi birokrasi di Kementrian Keuangan. Dan sampai sekarang 6 tahun reformasi birokrasi berjalan. Tentunya kita semua berharap Menteri Keuangan yang baru bisa meneruskan semua itu. Dan pertanyaan terakhir yang dijawab Sri Mulyani saat ditanya kapan kembali ke Indonesia. Beliau menjawab "Kayak kemana saja Saya akan kembali, I'll be back...

FOTO; tribunnews.com

0 Comments:

Posting Komentar

Maaf semua komentar kami moderasi. Budayakan komentar yang santun demi kenyamanan semua pembaca yang berkunjung ke blog ini. Salam Blogger ;-)